Laughing Matters – Menjelajahi Hubungan Antara Humor Dan Kesehatan

Pada 1960-an, Norman Cousins didiagnosis dengan penyakit kolagen yang melumpuhkan dan berpotensi fatal. Sebagai tanggapan, Sepupu mengerjakan rejim yang memasukkan tidak sedikit vitamin C dan emosi positif – tergolong tawa perut masing-masing hari yang didapatkan dari menyaksikan acara TV laksana The Three Stooges.

Yang mengejutkan tidak sedikit dokter, ia menciptakan pemulihan penuh, mengeluarkan sebuah kitab tentang empiris (Anatomi Penyakit Terlaris yang Dipahami oleh Pasien: Refleksi Penyembuhan dan Regenerasi, 1979) dan dalam prosesnya menyerahkan mata air mendukung usulan bahwa tertawa menciptakan obat yang hebat.

Sekarang, sejumlah dekade kemudian, anda tetap memperdebatkan pertanyaan apakah humor bisa menjadi keuntungan untuk kesehatan anda dan bahkan kebugaran jasmani kita. Sebagai dasar humor, semua peneliti masih mesti belajar tidak sedikit tentang urusan tersebut – laksana halnya sejumlah komedian.

Mengenai guna kesehatan, kata Michael Miller, profesor kedokteran di Rumah Sakit Universitas Maryland (Baltimore), “Rekomendasi guna jantung yang sehat sebuah hari nanti ialah berolahraga, santap dengan benar, dan tertawa sejumlah kali sehari.”

Miller ialah seorang peneliti pada studi yang diadukan pada sesi ilmiah tahunan American Heart Association sejumlah tahun yang kemudian yang menghubungkan tawa dan selera humor aktif dengan kesehatan jantung. Ahli jantung di pusat medis mengejar bahwa orang dengan penyakit jantung 40% lebih kecil kemungkinannya guna menertawakan kondisi tertentu dikomparasikan orang yang usianya sama tanpa penyakit jantung.

Laughing Matters - Menjelajahi Hubungan Antara Humor Dan Kesehatan

Studi ini mencocokkan tingkat humor dan kemarahan serta permusuhan dari 300 subjek, separuh dari mereka menderita serangan jantung atau menjalani operasi bypass, dengan separuh lainnya bebas dari penyakit jantung.

Yang kesatu ingin tidak mengenali humor atau menggunakannya untuk terbit dari kondisi yang tidak nyaman, semua peneliti menemukan. Mereka pun lebih marah dan lebih bermusuhan. Tentu saja, sejumlah di antaranya barangkali adalahreaksi terhadap penyakit mereka; kita tidak akan bercita-cita orang yang sakit sama riangnya dengan orang sehat. Tetapi 40% ialah perbedaan besar, lebih dari yang Anda bisa atribut untuk hal itu.

BUKTI LEBIH LUCU

Studi beda memberikan sokongan lebih lanjut untuk usulan tawa sebagai kegiatan mental dan jasmani yang bermanfaat. Peneliti UCLA mempunyai 21 anak yang sehat menempatkan satu tangan di air dingin sedangkan mereka menyaksikan video lucu. Hasil? Anak-anak yang tertawa dapat mentolerir rasa sakit sebab air dingin lebih lama daripada mereka yang tidak. Para peneliti pun menemukan bahwa anak-anak yang tertawa mempunyai kadar kortisol yang lebih rendah, hormon yang mengindikasikan stres.

Walaupun riset ini kecil, dan tidak ada kumpulan kontrol, masih memberikan sokongan untuk kesehatan tawa. Dan menilik bahwa anda tidak melihat riset yang mengindikasikan konsekuensi negatif dari kekek, tawa atau tertawa, susah untuk membantah usulan bahwa tidak banyak lucu menolong meningkatkan kesejahteraan emosional dan fisik.

Sama laksana kita memasukkan pekerjaan jantung sehat lainnya ke dalam kehidupan anda sehari-hari, anda mungkin mengerjakan hal yang sama dengan tawa, saran Miller. “Kemampuan guna tertawa – baik secara alami atau sebagai perilaku yang dipelajari – barangkali mempunyai implikasi urgen dalam masyarakat di mana penyakit jantung tetap menjadi pembunuh No.1,” katanya.

Humor tidak bakal menggantikan pelajaran dalam persamaan kesehatan

Namun siapa yang terkadang tidak suka episode Friends daripada sesi kardio yang melelahkan? Dan hari ini, humor dirasakan lebih serius sebagai hal kesehatan daripada sebelumnya. Ratusan akademisi ialah anggota International Society for Humor Studies.

Meskipun guna kesehatan dari tawa belum terbukti secara ilmiah, tawa dapat menolong kita mengungguli stres, yang berkontribusi terhadap masalah jantung, salah satu penyakit lain. Bagaimanapun, kita barangkali memerlukan takaran tawa masing-masing hari bareng dengan olahraga dan diet tanpa lemak kita. Jadi pastikan guna memecah paling tidak sejumlah kali sehari. Tidak terdapat salahnya, dan barangkali sangat membantu. Tidak bercanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *